Siapa sih yang suka bolak balik Jakarta - Bandung? Jarak antara Kota
Jakarta dan Bandung tidak terlalu jauh, hanya sekitar 150 km. Hal ini
membuat perjalanan Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya tidak memakan
waktu lama. Banyak tersedia berbagai jenis transportasi yang
menghubungkan kedua kota besar tersebut. Salah satu pilihan
transportasinya adalah Kereta Api. Yup bener sekali, selain anti macet
naik kereta api juga bisa dipastikan tepat waktu. Karena kalau naik
kereta api kita dapat mengetahui jadwal tiba di stasiun tujuan.
Biasanya
pilihan masyarakat untuk dapat berkunjung ke Bandung atau Jakarta
menggunakan kereta Argo Parahyangan. Tiket yang di bandrol untuk satu
kali perjalanan cukup mahal dibandingkan transportasi lain, yaitu
sekitar 80 ribu rupiah untuk kelas ekonomi dan 150 ribu rupiah untuk
kelas Eksekutif. Dan baru baru ini PT. KAI membuka kelas Priority untuk
Argo Parahyangan yang dibandrol seharga 250 ribu rupiah.
Tapi
tahukan kamu, selain Argo Parahyangan ada kereta lain yang dapat
digunakan ketika kamu ingin berkunjung ke Bandung atau Jakarta yang
lebih murah? Pilihan lain yaitu KA Serayu. Dibandingkan dengan Argo
Parahyangan, tiket KA Serayu lebih murah. Yaitu sekitar 67 ribu rupiah
untuk sekali perjalanan. KA Serayu melayani relasi stasiun Pasar Senen
- Purwokerto dan sebaliknya. Bagi kalian yang ingin ke Bandung atau
Jakarta bisa naik dan turun di stasiun Kiara Condong, karna kereta ini
tidak berhenti di stasiun Bandung.
Selain KA Serayu ternyata ada
lagi cara menuju Bandung dari Jakarta menggunakan kereta api yang lebih
murah. Cuma dengan uang 14 ribu rupiah kalian bisa merasakan sensasi
naik kereta api dari Jakarta ke Bandung. Hah cuma 14 ribu rupiah? Gk
salah tuh?
Kalian gak salah baca kok, dari Jakarta ke Bandung
beneran bisa ditempuh cuma dengan 14 ribu rupiah. Naik kereta api lagi
yang dijamin tidak macet. Gimana caranya?
Caranya gampang,
pertama kalian naik kereta lokal Walahar Ekspres relasi Stasiun Tanjung
Priuk - Purwakarta. Kalo dari Jakarta kalian bisa naik di stasiun awal
Tanjung Priuk pukul 09.55 dan 11.05 atau di stasiun Kemayoran pukul
10.16 dan 11.24 . Tiketnya sangat murah cuma 6000 rupiah, kereta ini
menggunakan rangkaian ekonomi K3 yang dilengkapi dengan pendingin udara.
Waktu tempuhnya sampai purwakarta sekitar 2 jam perjalanan.
Setelah
sampai di Stasiun Purwakarta kita bisa jalan jalan sebentar di sekitar
stasiun, karna harus menunggu kereta berikutnya yaitu KA Lokal Cibatu
relasi Purwakarta - Cibatu Garut. Keberangkatan dari stasiun Purwakarta
sekitar pukul 15.45, jadi selama nunggu kereta kita bisa kulineran
nyobain sate maranggi khas purwakarta.
Kereta lokal Cibatu
dibandrol seharga 8000 rupiah, menggunakan rangkain ekonomi K3 sama
seperti KA Walahar Ekspres. Jangan salah, walaupun ini kelas ekonomi
tapi jauh berbeda dengan ekonomi dahulu, sekarang kelas ekonomi sudah
dilengkapi dengan pendingin udara. Jadi cukup nyaman selama perjalanan.
15.45
waktu keberangkatan dari stasiun Purwakarta menuju Bandung. Kereta
Walahar Ekspres maupun Kereta lokal Cibatu tidak menggunakan nomer
kursi, jari penumpang bebas memilih tempat duduk.
Kereta lokal
Cibatu berhenti di beberapa stasiun sebelum sampai ke Bandung. Melewati
beberapa jembatan dan terowongan Sasaksaat khas pemandangan Argo
Parahyangan. Berbeda dengan KA Serayu yang tidak berhenti di stasiun
Bandung, kereta Lokal Cibatu berhenti di stasiun Bandung. Jadwal
kedatangannya di stasiun Bandung pukul 18.22. Selain stasiun Bandung
kamu juga dapat berhenti di beberapa stasiun diantaranya Padalarang,
Cimahi, Kiara Cindong, Cicalengka dan lain lain.
Setelah di total,
perjalanan ini hanya membutuhkan uang sekitar 14 ribu rupiah. Dan waktu
tempuh sekitar 7 jam perjalanan. Hampir dua kali lipat waktu tempuh
Argo Parahyangan. Tapi gk ada salahnya kan buat kamu yang mau hemat dan
ingin merasakan sensasi naik kereta api. Tapi perjalanan seperti ini
kurang cocok buat kamu yang lagi ngejar waktu. Oh iya, dulu cara ini
bisa digunakan sebaliknya dari Bandung ke Jakarta. Namun karna perubahan
jadwal, cara ini hanya dapat digunakan untuk tujuan Bandung saja.
Artikel ini masuk 30 besar #Railbloggercontest yang di selenggarakan oleh PT. KAI dan IDN Time
Tidak ada komentar:
Posting Komentar